Top Ad unit 728 × 90

Langkah Awal Memulai Belajar Elektronika

Baca Juga

Langkah Awal Memulai Belajar Elektronika


Belajarelektro.com - Langkah Awal Memulai Belajar Elektronika

Memulai Belajar tentang elektronika dasar mungkin lebih mudah daripada yang Anda pikirkan. Kali ini kita akan membahasa langkah-langkah atau tahapan awal belajar elektronika untuk siapapun yang berminat belajar elektronika. Ini adalah tahapan singkat tentang belajar elektronika praktis dan bukan mempelajari secara mendalam ilmu teknik elektro. Jika Anda tertarik untuk belajar lebih banyak tentang ilmu pengetahuan dasar elektronik, Wikipedia adalah tempat yang baik untuk memulai pencarian Anda.

Langkah 1: Belajar tentang Dasar Kelistrikan

Ada dua jenis sinyal listrik, yaitu arus bolak-balik (AC), dan arus searah (DC).

Arus Bolak-balik (Alternating Current)

Arus bolak-balik (AC/Alternating Current) adalah arus listrik dimana besar dan arah arusnya berubah-ubah secara bolak-balik. Bentuk gelombang dari listrik arus bolak-balik biasanya berbentuk gelombang sinusoida, karena ini yang memungkinkan pengaliran energi yang paling efisien. Tapi dalam aplikasi-aplikasi spesifik yang lain, bentuk gelombang lain bisa digunakan, misalnya bentuk gelombang segitiga (bentuk segitiga) atau bentuk gelombang segi empat (gelombang persegi) .Secara umum, listrik bolak-balik berarti penyaluran listrik dari sumbernya (misalnya PLN) ke kantor-kantor atau rumah-rumah penduduk. Namun ada pula contohnya seperti sinyal-sinyal radio atau audio yang disalurkan melalui kabel, yang juga merupakan listrik arus bolak-balik. Di dalam aplikasi-aplikasi ini, tujuan utama yang paling penting adalah informasi yang termodulasi atau terkode di dalam sinyal arus bolak-balik tersebut.
Representasi arus bolak balik
Representasi arus bolak balik

Tingkat pembalikan diukur di Hertz, yang merupakan jumlah pembalikan per detik. Jadi, ketika mereka mengatakan bahwa catu daya adalah 60 Hz, yang mereka maksud adalah membalikkan 120 kali per detik (dua kali per siklus).
Arus Bolak-balik
Arus Bolak-balik

Ciri-ciri Arus Bolak-balik :

  1. Tidak mempunyai Kutub (polaritas)
  2. Sumber Arus dari PLN atau Generator 
  3. Berbahaya karena dapat menyebabkan kematian saat disentuh

Arus Searah (Directing Current)

Arus Searah merupakan arus listrik mengalir dalam satu arah antara Tegangan Positif dan ground. Dalam pengaturan ini selalu ada sumber positif (VCC) tegangan dan ground (0V). Anda dapat mengujinya dengan membaca baterai dengan multimeter.

Arus Searah (Directing Current)
Arus Searah (Directing Current)

Ciri-ciri Arus Searah :

  1. Mempunyai Kutub (polaritas) positif dan negatif
  2. Sumber Arus Battere atau accumulator
  3. Tidak berbahaya saat disentuh


Silahkan sesuaikan nilai berikut max-results=5
Langkah Awal Memulai Belajar Elektronika Reviewed by d2n5r0 on 8:48 AM Rating: 5

No comments:

All Rights Reserved by Tempat Belajar Elektronika dan Robotika © 2014 - 2015

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.